Mengembangkan Alternatif
Periksa masalah Anda dengan cara lain, dan temukan perspektif baru yang
tidak Anda pikirkan sebelumnya.
Rembuk pendapat atau mencatat alternatif secara cepat, bagaimana pun
bodohnya, termasuk proses penemuan yang sangat memuaskan.
Sekali Anda mendaftarkan atau mengartukan alternatif, akan membuka berbagai
kemungkinan. Membuat catatan mengenai semuanya:
§
Membutuhkan lebih banyak informasi
§
Penyelesaian yang baru
§
Dapat digabungkan atau dihilangkan
§
Akan menemukan oposisi
§
Terasa menjanjikan atau menggelisahkan
Alternatif Berbobot
Alternatif yang mungkin didaftarkan,
dievaluasi tanpa prasangka,
tanpa memikirkan apakah menarik atau tidak
dievaluasi tanpa prasangka,
tanpa memikirkan apakah menarik atau tidak
Mempertimbangkan semua kriteria
Saat suatu penyelesaian yang cocok dapat menyelesaikan masalah, itu mungkin tidak akan berfungsi kalau sumber tidak tersedia, kalau orang-orang tidak menerimanya, atau itu menyebabkan masalah baru.
Saat suatu penyelesaian yang cocok dapat menyelesaikan masalah, itu mungkin tidak akan berfungsi kalau sumber tidak tersedia, kalau orang-orang tidak menerimanya, atau itu menyebabkan masalah baru.
Adalah proses pemilihan alternatif solusi untuk suatu masalah. Dalam
pengambilan keputusan, masalah adalah sesuatu kondisi yang tidak sesuai dengan
yang diharapkan. Berdasarkan pemecahannya, masalah terbagi atas:
·
Masalah yang
harus segera dipecahkan, misalnya dalam keadaan tanggap bencana,
pemerintah daerah harus memutuskan apakah akan menganjurkan penduduk untuk
mengungsi atau tidak.
·
Masalah yang
sulit dipecahkan. Biasanya, masalah yang sulit dipecahkan mengandung banyak
trade-off atau konflik kepentingan. Misalnya, dalam sebuah tim pengembangan
produk, jika akan memproduksi produk dengan kualitas tinggi maka biaya
produksinya juga akan mahal, sedangkan konsumen menghendaki produk yang
berkualitas tinggi dengan harga yang wajar.
·
Masalah yang
tidak dapat dipecahkan. Biasanya suatu masalah belum dapat dipecahkan karena
kurangnya informasi yang melingkupinya. Kondisi ini hampir sama dengan
masalah yang sulit dipecahkan. Namun dengan penggunaan metode analisis masalah yang tepat,
pemecahannya akan menjadi lebih mudah.
Semua masalah membutuhkan pemecahan. Dalam hal ini
berarti dibutuhkan proses pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan artinya
menentukan alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang
mungkin dilakukan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi.
Jenis Keputusan
Terdapat beberapa jenis keputusan dalam
pengambilan keputusan.Berdasarkan keputusan yang harus diambil oleh level
manajemen di perusahaan jenis keputusan terdiri atas:
3. Keputusan operasional, adalah
keputusan yang dibuat oleh tingkat manajemen yang paling bawah, misalnya operator mesin
di lantai produksi.
Berdasarkan tersedianya pemecahan masalah, jenis
keputusan yang biasanya muncul adalah:
·
Keputusan
Terprogram. Keputusan ini berkaitan dengan kebiasaan, aturan, dan prosedur.
Dalam hal ini kondisi yang dihadapi semuanya dapat diketahui dengan pasti.
·
Keputusan
tidak terprogram. Keputusan tidak terprogram ini adalah keputusan yang tidak
mempunyai suatu aturan yang baku, tergantung pada jenis masalahnya. Biasanya, masalah
yang membutuhkan keputusan tidak terprogram ini terjadinya tidak dapat
diprediksi.
·
Keputusan
tidak terstruktur.disebut tidak terstruktur karena tidak diketahui pemecahannya
karena ketidakjelasan masalahnya.
Langkah Pengambilan Keputusan
Secara umum, langkah-langkah dalam
pengambilan keputusan adalah sebagai berikut:
·
Proses
identifikasi atau perumusan persoalan keputusan. Identifikasi masalah dapat
dilakukan dengan berbagai cara. Penggunaan seven tools dalam
manajemen biasanya dapat membantu proses identifikasi ini.
·
Penetapan
parameter dan variabel yang merupakan bagian dari sebuah persoalan keputusan.
Biasanya pemecahan masalah yang menggunakan model matematika sangat memerlukan adanya
variabel yang terukur.
·
Penetapan
alternatif-alternatif pemecahan persoalan. Alternatif pemecahan masalah
didapatkan dari analisis pemecahaan masalah.
·
Penetapan
kriteria pemilihan alternatif untuk mendapatkan alternatif yang terbaik.
Biasanya kriteria pemilihan ini didasarkan
pada pay off atau hasil dari keputusan.
·
Pelaksanaan
keputusan dan evaluasi hasilnya. Tahap ini disebut tahap implementasi, dimana
alternatif solusi yang terpilih akan diterapkan dalam jangka waktu tertentu dan setelah itu akan
dievaluasi hasilnya berdasarkan peningkatan atau penurunan pay off atau hasil.
No comments:
Post a Comment